Sunday, October 20, 2013

Kompresi Data


Kompresi data adalah salah satu tehnik untuk penyederhanaan file atau file-file dan atau folder dengan cara pemadatan data tersebut (kompres) sehingga didapat hasil yang lebih kecil atau sederhana, untuk selanjutnya dapat disimpan atau didistribusikan kembali.

Misal si Bujang memiliki 4 (empat) file yang terdiri 1.file gambar, 2.file teks, 3.file Dokumen (word), 4. file suara (mp3). Yang selanjutnya akan distribusikan melalui internet dengan dengan kapasitas total 4 file tersebut sebesar 2 MB. Dengan tehnik kompresi, ke-4 file tersebut dapat di satukan melalui pemadatan file, sehingga didapat 1 (satu) file saja yang berisikan ke-4 file tersebut, dan kapasitas ke-4 file tersebut dapat ditekan hingga 50% menjadi 1 MB saja (total hasil kompresi tergantung jenis file yang di kompres)
Untuk Kompresi data ini kita dapat gunakan Winzip, atau 7-Zip (Freeware) atau software kompresi data lainnya.
Pada bahasan kali ini kita akan menggunakan software 7-Zip yang bisa anda download di http http://www.softpedia.com/get/Compression-tools/7-Zip.shtml

Definisi Kompresi Data
  1. Kompresi berarti memampatkan/mengecilkan ukuran
  2. Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu
  3. Contoh kompresi sederhana yang biasa kita lakukan misalnya adalah menyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memiliki konvensi umum. Misalnya: kata “yang” dikompres menjadi kata “yg”.
  4. Pengiriman data hasil kompresi dapat dilakukan jika pihak pengirim/yang melakukankompresi dan pihak penerima memiliki aturan yang sama dalam hal kompresi data.
  5. Pihak pengirim harus menggunakan algoritma kompresi data yang sudah baku dan pihak penerima juga menggunakan teknik dekompresi data yang sama dengan pengirim sehingga data yang diterima dapat dibaca/di- dekode kembali dengan benar.
  6. Kompresi data menjadi sangat penting karena memperkecil kebutuhan penyimpanan data,mempercepat pengiriman data,memperkecil kebutuhan bandwidth.
  7. Teknik kompresi bisa dilakukan terhadap data teks/biner, gambar (JPEG, PNG, TIFF), audio (MP3, AAC, RMA, WMA), dan video (MPEG, H261, H263).

 

Pengertian teknik kompresi

Teknik kompresi adalah teknik memadatkan data atau file, sehingga data atau file yang tadinya memiliki kapasitas data  yang besar menjadi kapasitas data yang lebih kecil. Pengertian teknik kompresi tersebut memungkinkan kita menyimpan data atau file yang banyak atau besar pada memory yang memiliki kapasitas kecil.
klasifikasi kompresi
Lossless
  • eksploitasinya hanya ada data yang statistik ( redundance )
  • jangkauan kompresinya rendah tidak bisa menjangkau kompresi yang tinggi / besar.
  • Struktur dokumennya tidak mengalami masalah (error ) atau hilang apabila dilakukan dekompresi.
contoh:program,data,medical imaging,dan lain sebagainya.
Lossy :
  • Beberapa struktur dokumenya akan mengalami error atau hilang dalam batasan toleransi manusia
  • Jangkauan kompresinya sangat tinggi . Contoh: video, gambar and audio
Dasar – dasar teknik kompresi ada tiga jenis teknik pengkodean dalam kompresi diantaranya :
  1. Entropy Coding
  2. Source Coding
  3. Hybrid Coding 

Pengertian teknik kompresi - Entropy coding  merupakan dimana dalam pengkodean dan teknik kompresinya menggunakan teknik kompresi lossless yang memiliki eksploisitas data yang statistik ( redundance ) ,jangkauan kompresinya rendah dan struktur dokumennya tidak mengalami masalah hilang apabila dilakukan kompresi. 

Source coding  menggunakan teknik kompresi lossy dimana beberapa struktur dokumennya akan mengalami error atau hilang dalam batasan toleransi manusia dan jangkauan kompresinya sangat tinggi.
Hybrid source merupakan penggabungan dari teknik kompresi Entropy  coding dan Source coding.
Teknik Entropy Ecoding ada empat jenis teknik 
  • Run-length Encoding
  • Repetition Suppression
  • Pattern Substitution
  • Huffman Coding
Pengertian teknik kompresiRun-lenght Encoding beberapa elemen angkanya yang sama diwakilkan dengan satu buah elemen angka yang diberikan  jumlahnya. Repetition Suppression mengubah angka atau huruf yang berulang – ulang diwakilkan dengan satu huruf dengan jumlahnya. Pattern Subtitution melakukan subtitusi kata – kata menjadi huruf maupun simbol. Huffman coding berdasarkan frekuensi kejadian pada karakter yang diberikan. 

No comments:

Post a Comment