Saturday, May 26, 2012

LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN PC/ PERIPHERAL SECARA UMUM


1.      Mengidentifikasi Permasalahan
Masalah yang ada diidentifikasi dengan beberapa prosedur,diantaranya melalui POST(Power On Self Test),test untuk mengecek kondisi komponen pendukung PC

2.      Mendiagnosis Permasalahan
Pesan/peringatan kesalahan yang ditunjukkan melalui POST ataupun oleh komponen lain di computer, dianalisis letak atau sumber komponen yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan.

3.      Mengklasifikasikan Permasalahan
Melakukan pengelompokan permasalahan dapat dilakukan berdasarkan hardware,Software, atau permasalahan itu sendiri.

4.      Menentukan Hipotesis Awal Penyebab Masalah
Dengan mengklasifikasikan suatu permasalahan, maka dapat ditentukan hipotesis awal bagian yang bemasalah dan penyebab masalah. Hal ini dipakai sebagai acuan untuk mencari cara yang tepat dalam mengatasi masalah dan mencegah timbulnya kembali masalah yang sama.

5.      Mengisolasi Permasalahan
Masalah yang sudah diklasifikasikan difokuskan pada ruang lingkup yang lebih kecil. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam menemukan sumber masalah, dan agar tidak terjadi salah dalam menangani masalah.

6.      Tindakan Perbaikan
Jika penyebab masalah sudah diketahui, selanjutnya dilakukan langkah perbaikan. Dengan demikian, masalah yang sama diharapkan tidak akan terulang kembali.






No comments:

Post a Comment