Monday, May 21, 2012

Makalah Tentang Lingkungan Hidup (Polusi)

1. LATAR BELAKANG
Penggunaan komputer dan perangkat-perangkat lain seperti printer, compac disc (CD) ,dan flashdisk sudah sangatlah besar, mulai dari penggunaan untuk kepentingan kantor ,kepentingan sekolah, hingga yang hanya digunakan untuk sekedar bermain games saja. Perkembangan teknologi dalam bidang komputerpun semakin maju pesat. Akibat semakin pesatnya laju perkembangan komputer ini, banyak sekali komputer tipe lama yang sudah ketinggalan model (jadul), beralih fungsi, atau bahkan kehilangan fungsi sehingga komputer-komputer itu dibiarkan menumpuk di gudang atau langsung dibuang begitu saja. Jika komputer bekas dan berbagai perangkat komputer itu dibuang begitu saja, maka limbah komputer akan menimbulkan potensi kerusakan lingkungan. Pencemaran yang dapat di timbulkan berupa pencemaran udara, tanah, dan air. Jika hal ini terjadi, tentunya akan sangat mengganggu kestabilan lingkungan hidup karena sifat limbah tersebut yang sulit terurai secara alami.

2. INTI PERMASALAHAN

Pencemaran yang dapat di timbulkan akibat pembuangan komputer bekas dan perangkat-perangkatnya:

a. Pencemaran Udara
Pembuangan komputer bekas secara besar-besaran dapat menimbulkan pecemaran udara. Limbah komputer bekas dan perangkat-perangkatnya mengandung berbagai macam zat berbahaya seperti karbon hitam yang berasal dari sisa cartridge printer, timbal, dan merkuri yang berasal dari papan sirkuit.
Jika udara yang dihirup oleh manusia mengandung zat-zat beracun tersebut, berarti manusia telah menghirup zat-zat yang bersifat karsinogenik atua merusak kesehatan manusia, sehingga menyebabkan mereka berpotensi menderita kanker atau penyakit berbahaya lainnya.

b. Pencemaran Tanah
Pembuangan komputer bekas secara langsung dan dalam jumlah yang besar juga akan menimbulkan pencemaran tanah. Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam limbah komputer akan mencemari tanah. Apabila tanah pembuangan limbah komputer atau tanah di sekitar pembuangan ditanami tanaman kemungkinan tanaman tidak akan bisa tumbuh subur atau bahkan mungkin tanaman tidak bisa tumbuh karena tanah sudah tercemar oleh zat-zat yang merusak kualitas tanah.
Kasus lain adalah pembuangan limbah di area pertanian. Apabila pembuangan limbah komputer terjadi di area pertanian, tanaman pangan yang ditanam akan menyerap unsur-unsur zat berbahaya yang terkandung dalam limbah komputer sehingga tanaman mengandung zat berbahaya (beracun) yang apabila tanaman dimakan oleh manusia dan dicerna akan mengganggu atau merusak kesehatan tubuh.

c. Pencemaran Air
Pencemaran air juga dapat terjadi akibat pembuangan limbah komputer bekas dan perangkat-perangkatnya. Dalam hal ini kasus yang terjadi adalah pembuangan limbah komputer bekas ke laut.
Hal ini sangat berbahaya karena zat-zat berbahaya dan beracun yang terdapat dalam limbah komputer bekas dapat mencemari air laut. Padahal laut adalah tempat hidup ikan dan beberapa jenis organisme laut lain yang selama ini menjadi sumber pangan yang bagi manusia akibat tingginya nilai gizi, terutama protein yang terkandung pada ikan dan organisme laut lainnya. Jika manusia mengonsumsi bahan-bahan pangan yang berasal dari laut dan telah bercampur dengan bahan-bahan beracun, maka makanan tersebut juga akan membahayakan kesehatan manusia yang mengonsumsinya.

3. SOLUSI PERMASALAHAN
Untuk menanggulangi masalah pencemaran atau polusi yang disebabkan oleh limbah komputer bekas dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti:
a. Menjual limbah komputer dan perangkat-perangkat bekas lainnya ke penampung barang bekas. Agar penampung dapat mengolahnya kembali.
b. Mengolah atau mendaur ulang limbah komputer dan perangkat-perangkat komputer bekas menjadi suatu barang yang lebih berguna dan menarik. Misalnya menjadikan kepingan compac disc (CD) sebagai suatu hiasan dinding dan lain sebagainya.
c. Tidak membuang limbah komputer dan perangkat-perangkat bekas lainnya secara sembarangan atau mengubur limbah tersebut di tanah yang tidak ditanami atau digunakan sebagai lahan pertanian.
d. Tidak membuang limbah komputer dan perangkat-perangkat bekas lainnya ke laut atau ke sungai agar kualitas air dan organisme laut tetap terjaga kelestariannya.

4. KESIMPULAN DAN SARAN
a. Kesimpulan
Sebenarnya polusi bukan hanya disebabkan oleh limbah industri atau asap kendaraan namun juga dapat disebabkan oleh limbah dari barang-barang elektronik seperti komputer dan perangkat-perangkat lainnya. Karena sebenarnya di dalam barang elektronik tersebut terkandung zat-zat beracun dan berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan hidup.
b. Saran
Sebaiknya limbah barang-barang elektronik seperti komputer dan perangkat-perangkat bekas yang sudah tidak terpakai dikelompokkan antara barang yang masih bisa didaur ulang dan barang yang sudah tidak dapat dimanfaatkan sama sekali. Barang yang masih bisa dimanfaatkan sebaiknya didaur ulang menjadi barang baru yang berguna. Misalnya casing CPU yang sudah tidak terpakai digunakan sebagai tempat buku atau rak buku. Sedangkan barang yang sudah tidak dapat dimanfaatkan sama sekali sebaiknya tidak dibuang di sembarang tempat agar tidak menimbulkan polusi atau pencemaran lingkungan.

No comments:

Post a Comment